Karya Seni Rupa Dua Dimensi

KARYA SENI RUPA DUA DIMENSI




Seni rupa 2 dimensi adalah karya seni rupa yang memiliki batas dua sisi panjang dan sisi lebar. Seni rupa 2 dimendi tidak memiliki ruang karena tidak memiliki ketebalan atau ketinggian. Contohnya karya seni rupa 2 dimensi dalam kehidapan sehari-hari bisa dilihat pada dekorasi dinding. Umumnya karya seni ini hanya dinikmati keidahannya saja (nilai estetika).

Berikut adalah contoh karya seni rupa 2 dimensi:

1. Seni Grafis
Seni grafis adalah cabang seni rupa yang dalam pembuatannya membutuhkan alat bantu. Karya seni ini juga cabang seni rupa yang menggunakan teknik cetak dan berbentuk 2 dimensi. Salah satu contohnya adalah fotografi, dimana kita membutuhkan kamera untuk menghasilkan sebuah karya seni yang nantinya dapat dinikmati oleh banyak orang.

2. Lukisan
Lukisan adalah karya seni rupa 2 dimensi pada sebuah permukaan seperti kanvas, dinding atau kertas. Proses pembuatanya dengan cara memulaskan cat dengan kuas lukis, pisau palet atau peralatan lainnya yang digunakan pada permukaan media tersebut.

Lukisan merupakan sebuah hasil karya seni yang dimana dalam pembuatannya membutuhkan keahlian khusus dan kreatifitas tinggi untuk menghasilkan karya seni yang nantinya dapat dinikmati oleh banyak orang.
3. Kaligrafi
Kaligrafi adalah suatu seni artistik tulidan tangan bahasa arab. Dalam proses pembuatannya kaligrafi merupakan salah satu bentuk utama ekspresi seni dalam konteks keagamaan dan juga berbagai jenis budaya Islam.


Posting Komentar

My Instagram

Designed by OddThemes | Distributed by Blogger Themes